Saat tidur, ada hal yang perlu diperhatikan selain waktu yang cukup, yaitu pengaruhnya pada kesehatan dan kesejahteraan. Ingat-ingat juga bagaimana posisi Anda tidur karena dapat mencerminkan keseharian dan dapat meningkatkan produktivitas, suasana hati, dan energi.

Tidur 7-9 jam sehari mungkin cukup baik, namun mengetahui posisi tidur yang tepatdapat membuat istirahat lebih maksimal.

Posisi tidur yang tepat akan membuat Anda merasa lebih baik secara mental dan fisik. Bukan tak mungkin Anda merasa hidup jadi lebih baik hingga bisa mencapai sukses.

Berikut 8 masalah kesehatan dan hubungannya dengan posisi tidur:

Nyeri punggung

Brandon Berman, Sleep Research Expert di Reverie menjelaskan bahwa tidur menengkurap menjadi salah satu posisi tidur terburuk. Posisi tidur dengan perut di bagian bawah akan menyebabkan nyeri punggung bagian bawah.

Sakit leher

Saat tidur dengan posisi perut di bawah, ada kemungkinan untuk menderita sakit leher dan itu bisa jadi kronis dan berbahaya bila tak diobati. Saat tidur menengkurap, leher akan berputar ke kanan atau ke kiri, dan bisa menyebabkan kerusakan serius atau ketidaknyamanan pada sendi leher.

Pemilihan bantal juga penting untuk mengurangi sakit leher. Pilih bantal yang mendukung kepala dan leher dalam posisi yang benar untuk mengurangi ketegangan leher dan kerusakan lebih lanjut. Bantal yang baik adalah sesuai dengan bentuk tubuh dan memastikan berat yang merata di sepanjang tulang belakang dan tulang belakang.

Sakit bahu

Sering dari dengan posisi miring, baik itu ke kanan atau kiri, dan tidak bergantian ke posisi sebaliknya sepanjang malam akan menyebabkan rasa nyeri pada bahu yang tertekan di bagian bawah. Untuk yang sering tidur miring, Brandon Berman menyarankan untuk menyelipkan bantal di antara lutut.

Kompas.com melansir, ada sebuah penelitian tahun 2007 yang dimuat dalam The Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice, peneliti menemukan bahwa lebih sedikit orang yang tidur menyamping, yang terbangun pada malam hari karena mengalami sakit di leher, bahu, atau lengannya, dibandingkan dengan orang yang tidur dalam posisi lain.

Jantung sehat

Tidur dengan posisi miring rupanya memiliki manfaat bagi peningkatan sirkulasi darah dan membuat jantung lebih sehat. Untuk memaksimalkan kesehatan jantung, sebaiknya Anda tidur 7 jam sehari, demikian menurut penelitian di jurnal kedokteran SLEEP, dikutip HealthKompas.com.

Keriput

Anda yang terbiasa tidur telentang akan mendapatkan keuntungan yaitu terlihat lebih muda dan mendapat kemungkinan lebih sedikit untuk memiliki keriput. Ini karena posisi wajah seperti mata dan pipi tidak menumpuk di bantal.

Mengurangi masalah nyeri punggung

Sementara tidur menengkurap dapat menyebabkan nyeri punggung, tidur telentang dapat mengurangi masalah tulang belakang dan meningkatkan keselarasan untuk punggung dan leher. Posisi ini terbaik untuk tulang punggung karena senantiasa sejajar sepanjang malam.

Kesehatan otak

Menurut studi dari Stony Brook University, tidur miring adalah yang terbaik untuk kesehatan otak, seperti menurunkan risiko penyakit alzheimer dan demensia. Menjaga kesehatan otak tentunya sangat penting, jadi cobalah beralih ke sisi Anda saat tidur.

Masalah pernapasan

Menurut Dr. Carol Ash, Director of sleep medicine di Meridian Health New Jersey menyatakan bahwa tidur menengkurap dapat mengganggu masalah pernapasan dan tidur telentang lebih baik untuk pernapasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here