Cinta memang sulit untuk didefinisikan. Bahkan sampai saat ini, tidak ada satu pun orang yang mampu mengartikannya secara absolut. Ada yang menganggap cinta sebagai sesuatu yang spesial, bernilai, bahkan ada juga yang menganggap bahwa cinta merupakan sesuatu yang tidak perlu dipikirkan secara mendalam. Beberapa orang terkenal bahkan mendefinisikan cinta dengan hal-hal berikut.

Kemurnian cinta ala Plato

Bagi Plato sang filsuf, cinta merupakan sebuah jiwa yang tidak layak dikotori oleh gairah seksual karena hal tersebut merupakan insting kebinatangan. Hal ini juga kemudian didukung oleh sesama filsuf Emanuel Kant yang menyatakan bahwa seks merupakan tindakan amoral dan dosa.

Kesederhanaan cinta ala Mario Teguh

Menurut sang motivator, Tuhan memberikan dua buah kaki untuk berjalan dengan dua buah tangan untuk memegang, serta dua buah telinga dan mata untuk mendengar dan melihat. Namun, Tuhan hanya menganugerahkan satu hati pada manusia untuk kita berikan kepada seseorang.

Kesemestaan cinta ala Kahlil Gibran

Menurut sang penyair yang satu ini, cinta mengarahkan manusia kepada Tuhannya karena dengan cinta pula manusia dipertemukan dengan manusia yang lain sehingga cinta yang sesungguhnya adalah cinta atas nama Tuhan yang termanifestasi dalam cintanya pada yang lain.

Kemanunggalan cinta ala Jalaludin Rumi

Rumi sang filsuf serta penyair ini menyatakan bahwa dalam cinta tidak ada dua, melainkan satu, dimana yang mencintai dengan yang dicintai adalah hal yang menyati sehingga cinta merupakan sesuatu yang sempurna.

Keberbagian cinta ala Erich Fromm

Menurut penulis sekaligus psikoanalis yang satu ini, cinta adalah seni yang untuk memahaminya diperlukan pengetahuan dan latihan. Cinta bukanlah hal yang pasif, melainkan sesuatu yang aktif dan menunjukkan adanya kreativitas dalam diri seseorang. Cinta adalah kegiatan saling memberi dan menerima.

Kesucian cinta ala Hamka

Penulis kesusastraan Indonesia yang satu ini mengatakan bahwa cinta adalah sesuatu yang mesti ada dalam diri manusia, seperti halnya setetes embun yang turun dari langit dalam keadaan bersih dan suci.

Modernitas cinta ala Sujiwo Tejo

Definisi cinta menurut penyair, penyanyi, sekaligus aktor yang satu ini mungkin agak nyeleneh dibandingkan yang lain karena menurutnya, puncak kangen yang paling dahsyat adalah ketika dua orang tidak saling menelepon, SMS, BBm, dan lain sebagainya namun keduanya diam-diam saling mendoakan.

Hmmm, menurut kamu, persepsi cinta yang mana yang paling keren?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here