Kota yang mendapat julukan Serambi Mekah ini tidak hanya memiliki destinasi wisata yang laik dikunjungi. Keanekaragaman kulinernya juga istimewa. Wajib cicip.

Dilansir Tribun, kuliner Aceh terkenal memiliki citarasa Timur Tengah dan India yang kental. Penggunaan rempah-rempah yang beraroma tajam seperti cengkeh, kayu manis, pekak, kapulaga juga merupakan ciri khas olahan masakan aceh.

Berikut ini rekomendasi makanan yang sayang dilewatkan jika Anda berada di Aceh.

Ayam tangkap

Sajian makanan bernama ayam tangkap memiliki ciri khas tersendiri. Hidangan ini berbahan dasar ayam kampung yang dibumbui daun salam koja (temurui), daun pandan, bawang merah dan bawang putih serta cabai, lalu digoreng.

Dilansir Detik, hidangan ayam tangkap ini menjadi istimewa karena jarang ditemui di kota-kota lain di luar Nanggroe Aceh Darussalam yang menjadi santapan wajib di rumah. Bahkan sudah menjadi bagian dari budaya.

Namanya yang cukup unik, terinspirasi dari kebiasaan orang Aceh menangkap ayam hidup-hidup sebelum dimasak untuk memastikan daging ayam masih segar dan menambah nikmat hidangan.

Tidak ketinggalan daun salam koja digoreng kering di atas ayam tangkap. Daun salam koja goreng ini menjadi lalapan kering yang jika dikonsumsi seperti keripik. Renyah dan gurih.

Martabak Aceh

Sekilas kuliner khas Aceh yang satu ini terlihat mirip dengan martabak telur pada umumnya. Padahal, proses pembuatannya berbeda. Dilansir Detik, martabak Aceh memiliki kulit di dalam dan telur di luar. Inilah yang menjadi keunikan.

Kulit martabak Aceh yang dibentuk persegi, persis roti canai ini digoreng dahulu. Kemudian, kocokan telur yang telah dicampur bumbu-bumbu dituang ke adonan kulit yang sudah digoreng. Baru setelah itu digoreng lagi. Sebagai pelengkap, martabak Aceh disajikan dengan acar bawang dan cabai rawit. Ada juga yang membuat variasi Martabak Aceh dengan bumbu kari dan gulai daging.

Mi Aceh

Mi Aceh, salah satu jenis kuliner menggoda dari Aceh yang populer dan mudah ditemukan. Anda bisa memilih mi goreng Aceh atau mi rebus Aceh.

Mi Aceh merupakan masakan mi khas Aceh yang dimasak dengan berbagai macam rempah. Mi yang digunakan adalah mi kuning tebal yang ditambahkan dengan potongan daging sapi, daging kambing, atau makanan laut seperti kepiting, cumi, atau udang.

Untuk mi Aceh yang disajikan dengan kuah, biasanya menggunakan kuah kari yang pedas. Ditambah dengan acar yang segar akan membuat mi Aceh semakin nikmat ketika disantap. Jika Anda ingin memasak mi Aceh, bisa mengikuti resep di sini.

Timphan

Jika Anda penggemar camilan manis, maka kue timphan tak boleh dilewatkan. Kue timphan hanya akan Anda temui saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Karena timphan umumnya hanya dibuat di hari istimewa. Kue berbentuk pipih lonjong yang dibalut daun pisang muda ini menjadi menu hidangan utama tamu yang berkunjung saat lebaran.

Tempo menulis, timphan memiliki tekstur lembek dengan bahan utama tepung dan pisang. Untuk isinya tergantung selera. Anda bisa memilih kelapa dengan gula atau srikaya.

Rujak Aceh

Berbeda dari rujak pada umumnya. Rujak Aceh memakai buah rumbia khas Aceh. Ini yang membuat rujak Aceh memiliki ciri khas tersendiri dan memiliki rasa yang berbeda. Anda bisa membuat sendiri rujak Aceh yang menyegarkan. Ikuti resep yang ditulis Femina.

Selain makanan yang sudah disebutkan di atas, Aceh masih memiliki banyak ragam kuliner yang wajib Anda cicip. Seperti sate matang, ikan kayu, kuah pilek u dan bu sie itek, yaitu nasi putih yang dicampur dengan gulai daging bebek. Seperti dilansir dari laman Liputan6.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here