Ibukota Jepang, Tokyo, bukan sekadar kota tujuan pelesir. Tokyo juga surga wisata kuliner yang tak biasa dan lebih dari sekadar menu sushi, shabu-shabu, ramen, atau bento seperti dikenal di Indonesia.

Kuliner di Tokyo, menurut The Culture Trip, justru unik karena sulit ditemukan di kota lain. Berikut ini rekomendasi tujuh penganan unik di Tokyo.

Shirako

Penganan ini terbuat dari organ reproduksi ikan atau dengan kata lain, sperma ikan. Penampilannya sepintas mirip penganan otak sapi di restoran Minangkabau. Rasanya nikmat, agak asin, dan mudah lumer di mulut karena teksturnya lembut.

Telur bulu babi (Uni)

Dia bukan hanya digunakan sebagai hiasan makanan. Orang Jepang mengolah telur bulu babi sebagai makanan utama berharga relatif mahal.

Teksturnya bergelombang, kenyal, dan bentuknya berwarna oranye. Uni bisa dikonsumsi langsung sebagai sashimi atau dipadu dengan nasi sebagai sushi atau dijadikan don.

napatphotography /Shutterstock

Daging kuda mentah (Basashi)

Daging kuda memiliki lemak dan kalori lebih tinggi dibanding daging sapi. Di Jepang, daging ini diiris tipis dan disajikan mentah sebagai kudapan populer.

Agar lebih nikmat; Basashi dicelup ke dalam saus kecap yang dicampur jahe parut, daun bawang, dan bawang bombay. Di Jepang, basashi juga digunakan untuk topping pizza.

Jeroan cumi (Shiokara)

Shiokara berasal dari isi perut (jeroan) ikan, umumnya cumi. Jeroan difermentasi dan diasinkan.

Masyarakat Jepang senang mengonsumsi Shiokara sebagai pencuci mulut bersama sake. Namun mereka enggan memakan langsung karena bau dan rasanya tajam.

Motsunabe

Masyarakat Jepang gemar menyajikan kuliner dalam panci panas (hot pot). Biasanya berisi masakan kaya kaldu dengan isi daging dan sayuran–makanan kaya protein tapi rendah kalori.

Adapun Motsunabe adalah isi untuk hot pot yang berasal dari usus sapi atau babi. Meski agak sulit dikunyah, tekstur lemak alaminya membuat penasaran lidah.

Tori Gai

Ini adalah penganan sejenis tiram. Namun harga tiram Jepang ini relatif lebih mahal dibanding tiram kebanyakan.

Setelah diolah, tori gai terasa manis dan sangat lezat.

Zaru soba

Masyarakat Jepang biasa mengonsumsi mi (soba) atau ramen. Namun ada mi unik bernama zaru soba alias mi dingin.

Zaru soba menuai popularitas lantaran murah dan sehat. Cara makannya adalah dengan mencelup mi ke dalam saus kecap khusus.

Setelah itu, masyarakat Jepang meyakini air rebusan mi harus diminum karena bagus untuk kesehatan.

Bonchan /Shutterstock

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here