Anda bisa ikut menikmati euforia perayaan cinta saat melancong ke berbagai penjuru dunia.

Memang, dunia mengenal 14 Februari sebagai hari Valentine. Namun di beberapa negara, perayaan cinta tak selalu jatuh pada tanggal dan bulan yang sama.

Banyak negara punya tradisi unik untuk merayakan cinta. Tak melulu cinta pada pasangan, tapi juga keluarga, sahabat, dan orang dekat lain. Demikian dilansir Matador Network.

Spanyol

Tepatnya kota Valencia mengenal 9 Oktober sebagai hari paling romantis dalam satu tahun. Ini adalah hari Santo Dionisius, santo pelindung cinta.

Untuk merayakannya, ada berbagai festival dan parade di kota. Biasanya di hari ini para pria menawarkan Mocadora sebagai tanda cinta pada pasangan. Mocadora adalah sejenis gula-gula marzipan dalam berbagai bentuk.

Wales

Negeri di Inggris ini merayakan cinta pada 25 Januari. Hari yang disebut dengan Hari Santo Dwynwen.

Pada hari ini, warga Wales memiliki tradisi bertukar sendok kayu uang diukir dengan pasangan mereka. Tradisi tukar sendok cinta ini bermula pada abad ke-16 silam.

Argentina

Negara Amerika Latin ini merayakan cinta sepekan penuh di bulan Juli. Perayaan ini dinamakan ‘Pekan manis’.

Biasanya para pasangan menukar ciuman dengan makanan manis. Seperti Ghana, pekan manis ini semula bukan perayaan cinta. Melainkan kampanye pemasaran yang dilakukan para penjaja gula-gula.

Namun pada perkembangannya, membaur sebagai tradisi lokal.

Irak

Time melansir, walau perayaan Valentine masih memicu pro dan kontra, orang Kurdi di Irak telah menumbuhkan tradisi pesta cinta.

Biasanya masyarakat setempat akan menghias apel dengan cengkeh untuk mengawetkannya. Bagi mereka buah apel merepresentasikan Adam dan Hawa.

Estonia

Pada 14 Februari, negara Eropa Timur ini merayakan cinta pada sahabat. Harinya bernama Sobrapaev dalam bahasa lokal. Artinya hari persahabatan.

Seperti di banyak negara, bunga dan cokelat adalah dua dari banyak jenis hadiah yang kerap diberikan pada orang tersayang. Perayaan yang sama juga bisa kita temukan di Finlandia dengan sebutan Ystavan Paiva.

Ghana

Inisiatif yang berubah menjadi tradisi ini berawal pada 14 Februari 2007. Kala itu pemerintah mempromosikan negara di Afrika ini sebagai salah satu negara penghasil cokelat terbesar di dunia.

Karena itu ditetapkanlah hari tersebut sebagai Hari Cokelat Nasional. Di Ghana, kita dapat menemukan ragam menu bertema cokelat, pameran dan gelaran lainnya pada 14 Februari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here