Bagi Anda yang sudah menonton film Crazy Rich Asians tentu masih terbayang-bayang kisah romantis pasangan beda latar belakang sosial, Nick Young dan Rachel Wu.

Film yang diadaptasi dari novel karya Kevin Kwan ini juga mengenalkan budaya dan kekayaan kuliner Singapura pada para penontonnya.

Salah satunya adalah adegan yang menampilkan ragam makanan khas Singapura adalah saat Nick Young bersama teman-temannya berburu kuliner di Newton Food Centre.

Dalam cuplikan tersebut, terlihat Nick Young, Rachel Chu, Colin Khoo, dan Araminta menyantap beragam kuliner di pusat makanan yang sudah berdiri semenjak 1971.

Berikut ini ragam kuliner yang hadir di film Crazy Rich Asians dan bisa menjadi rekomendasi Anda saat wisata kuliner di Singapura:

Kepiting Cabai

Kepiting cabai atau populer dengan nama Chili Crab merupakan salah satu kuliner yang laik dicoba ketika bervakansi di Singapura.

Hidangan berbahan utama kepiting ini bahkan disebut sebagai salah satu hidangan nasional Singapura.

Meski namanya kepiting cabai tapi hidangan ini bukan makanan dengan sensasi pedas cabai. Sebab, saus yang digunakan dalam memasak hidangan ini berbasis tomat dan cabai murah.

Menu ini terdiri dari kepiting yang dimasak dengan saus asam manis dengan sedikit pedas lalu ditambahkan telur.

Tekstur saus yang kental dengan cita rasa manis dan gurih biasanya disajikan dengan nasi atau roti manta khas China yang dimakan dengan dicelupkan dalam susu.

Di Singapura Anda akan menjumpai begitu banyak restoran dan kedai makan pinggir jalan yang menawarkan menu kepiting cabai. Untuk harga dibanderol mulai dari Rp270 ribuan hingga Rp500 ribu.

Anda bisa datang ke restoran yang menyajikan menu kepiting cabai ala Singapura di sini.

Namun, kalau ingin mencoba membuat sendiri kepiting pedas Singapura, bisa mengikuti resep yang dinukil Viva.co.id.

Pangsit

Dalam salah satu adegan Nick dan Rachel terlihat membuat pangsit di sebuah meja besar di rumah Shang Su Yi yang berlokasi di Tyressal Park.

Rachel Chu tampak sangat menikmati proses membuat pangsit, seperti menempatkan isian berupa daging dan sayur ke dalam adonan. Lalu, melipat pangsit. Kemudian, pangsit siap dikukus dan dimakan.

Pangsit dalam budaya Tiongkok, dikutip dari Eater, adalah simbol sejarah keluarga dan sebuah mata rantai yang menghubungkan kaum muda melalui tradisi.

Diceritakan, para tetua mengajarkan anak-anak mereka cara membuat pangsit dan berharap kelak mereka akan meneruskannya pada generasi berikut.

Sate

Sate menjadi salah satu kuliner yang dinikmati oleh Nick, Rachel, Araminta, Colin ketika kali pertama tiba di Singapura.

Kuliner dengan bahan dasar daging dengan bumbu kacang yang gurih dan manis ini bisa didapatkan di Newton Food Centre yang memang terkenal dengan olahan sate lezat di Singapura.

TKR Satay salah satunya. Tak hanya sate ayam, bisa dinikmati pula sate sapi, kambing, babi dan domba, dengan saus kacang.

Menariknya, dikutip dari Guide Michelin, setidaknya ada lima ribu tusuk sate yang dihidangkan khusus untuk merekam adegan tersebut.

Omelet Tiram

Satu lagi hidangan menggugah selera yang dinikmati para pemain di Newton Food Centre adalah omelet siram.

Omelet siram adalah makanan lokal jajanan kaki lima ala Singapura dan populer bagi pencinta kuliner.

Makanan dengan dengan bahan utama telur ini dicampur dengan tiram yang sudah dibersihkan. Selain itu, ditambahkan juga dengan kentang sehingga bentuknya lebih tebal dan juga lebih berisi.

Meski hanya sekedar camilan, omelet tiram sebenarnya sangat mengenyangkan perut. Cocok bagi Anda yang sedang berdiet.

Cita rasa keseluruhannya sangatlah gurih. Anda juga bisa menambahkan saus cabai sesuai selera untuk menambah rasa pedas pada omelet.

Nyonya Kueh

Film yang mengisahkan kehidupan mewah etnis Tionghoa di Asia ini juga menampilkan hidangan penutup yaitu Nyonya Kueh.

Sebenarnya penyebutan nama hidangan penutup merujuk pada aneka jenis kudapan manis yang dibuat oleh masyarakat Peranakan, hasil akulturasi budaya Tiongkok dan Melayu.

Biasanya hidangan manis ini kerap disajikan sebagai pendamping ritual minum teh di sore hari oleh para kalangan ningrat Singapura dan Malaysia,

Beberapa jenis kue nyonya yang paling favorit untuk warga Singapura adalah kue lapis, sarang semut, dan kue kelapa.

Kudapan Nyonya Kueh sering disebut sebagai kue basah di Indonesia. Ada beragam kue basah yang biasanya ditemui di pasar tradisional Indonesia, seperti kue lapis, klepon, hingga dadar gulung.

Bila berada di Singapura dan ingin mencicipi hidangan penutup tersebut, Anda bisa mampir ke beberapa toko ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here