Selama ini Anda mungkin sudah terbiasa menjaga kesehatan fisik dengan mengikuti pola makan dan gaya hidup sehat. Namun, sudahkah Anda menjaga kesehatan mental?

Bukan hanya orang-orang yang telah didiagnosis mengalami gangguan kejiwaan saja yang harus memerhatikan kesehatan mental. Anda pun memerlukannya.

Kesehatan mental adalah kesejahteraan psikologis seseorang secara keseluruhan. Ini akan membantu mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

Kesehatan mental perlu ditingkatkan agar Anda dapat membangun ketahanan, meningkatkan suasana hati, serta menambah kenikmatan hidup secara keseluruhan. Hal ini juga dilakukan untuk terhindar dari stres, kecemasan, dan depresi.

Menyambut Hari Kesehatan Mental Sedunia–yang diperingati setiap 10 Oktober, Anda bisa belajar mempraktikkan cara-cara meningkatkan kesehatan mental dalam kehidupan sehari-hari.

Melakukan perawatan diri

Meditasi, yoga, dan olahraga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental. Namun, tak hanya itu saja. Anda juga bisa meningkatkan kesejahteraan emosional Anda dengan cara lain.

“Saya selalu memulai dengan personalisasi perawatan diri,” kata Deanna Jordan, direktur klinis di New Method Wellness. “Apa pun arti perawatan diri bagi Anda, adalah kiat yang paling penting.”

Jika olahraga di pusat kebugaran atau yoga tidak membuat Anda bahagia, cobalah jenis lain hingga Anda menemukan satu yang paling disukai. Kemudian lakukan secara rutin 30 menit sehari. Bila menari atau jalan kaki membuat Anda senang, itu bisa jadi pilihan.

Mengatakan sesuatu yang positif

Penelitian menunjukkan, cara Anda berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki pengaruh yang kuat terhadap perasaan. Apa yang Anda pikirkan bisa benar-benar terjadi dalam hidup. Untuk itu, mulailah untuk mengelola pikiran, mulai dari memberikan diri sendiri motivasi dengan kata-kata positif.

Daripada terus mengatakan “Saya gagal” atau “hidup saya sudah hancur”, Anda bisa mengatakan sesuatu yang lebih positif, misalnya “Saya belum melakukannya dengan baik dan akan berusaha lebih maksimal” atau “Saya telah melakukan kesalahan dan akan memperbaiki semuanya agar hidup kembali tenang.”

Luangkan waktu untuk kekhawatiran

Setiap orang tentu punya kekhawatiran akan hal tertentu. Namun, daripada cemas sepanjang waktu, luangkan waktu untuk memikirkan masalah Anda.

Kata psikoterapis Dr. Nicki Nance, siapkan waktu khusus untuk khawatir. Anda bisa menulis tentang kekhawatiran yang mengganggu pikiran atau mencari solusi untuk masalah yang sedang dihadapi.

Melakukan sesuatu untuk orang lain

Membantu orang lain memiliki efek yang menguntungkan perasaan Anda tentang diri sendiri.

Membantu, bersikap ramah, dan menghargai apa yang Anda lakukan adalah cara yang bagus untuk membangun harga diri. Makna yang Anda temukan dalam membantu orang lain akan memperkaya dan memperluas hidup.

Kelilingi diri dengan orang yang positif

Demi kesehatan mental, pilih lah orang yang ada di sekitar. Pilihlah orang-orang yang positif, selalu mendukung apa yang Anda lakukan, dan mereka yang bisa membuat Anda lebih bahagia.

Jika saat ini belum menemukan orang-orang yang bisa memberi dukungan dengan baik, bisa memperluas pergaulan untuk bertemu orang baru, misalnya bergabung di komunitas, kursus, atau menjadi sukarelawan.

Tertawalah

Kata psikolog klinis Steven M. Sultanoff, PhD, tertawa dapat memiliki banyak dampak kesehatan seperti mengurangi rasa sakit, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa menonton film lucu atau menghabiskan waktu bersama teman-teman yang selalu berhasil membuat Anda tertawa. Temukan cara untuk memasukkan lebih banyak humor ke dalam hidup.

Sentuhan

Untuk menghapus stres dan pikiran negatif dari dalam tubuh, Anda membutuhkan sentuhan lembut. Gunakan telapak tangan untuk menyentuh tubuh, mulai dari atas kepala, menuju bahu, lengan, hingga kaki.

“Ketika menyentuh dengan lembut, bayangkan Anda sedang menghilangkan stres dan energi negatif yang mengelilingi Anda,” kata konselor Jill Howell.

Istirahat

Pada saat pekerjaan begitu banyak, belum lagi urusan keluarga, persoalan pribadi, dan aneka kegiatan yang membuat Anda sangat sibuk, tetaplah luangkan waktu untuk istirahat.

Bila memungkinkan, ambil waktu 15 menit untuk jalan-jalan dan menghirup udara segar sambil makan atau minum minuman kesukaan. Bila terlalu sibuk, coba latihan pernapasan sederhana: tutup mata dan ambil napas dalam-dalam sebanyak sepuluh kali.

Sederhana, tapi cara ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda dan bisa mengurangi tekanan juga stres.

Belajar hadapi stres

Stres bisa datang kapan saja. Bila Anda sudah mulai merasakannya, segera lakukan cara-cara untuk mengatasi stres. Bisa dengan melakukan hobi, olahraga, bermain dengan hewan peliharaan, menulis jurnal, curhat kepada teman, atau melakukan relaksasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here