Belakangan sejumlah orang tak malu lagi untuk berbelanja barang bekas pakai atau istilah kerennya; preloved.

Namun jangan membayangkan kegiatan itu dilakukan di Pasar Senen (Jakarta) atau pasar loak sejenis. Penjualan barang bekas pakai alias barang second kini menjamur di mal atau di daring.

Di mal, misalnya, para penjual melakukannya ala bazar. Ini dilakukan oleh situs jual beli Huntstreet yang menggelar lapaknya dalam bentuk bazar di Grand Indonesia, Jakarta, hingga 18 Juni mendatang.

Atau Irresistible Bazaar yang menjadi pusat bazar komunitas penjual produk bermerek. Barang bekas bisa pula ditemui pada aplikasi telepon pintar seperti Carousell.

Namun membeli barang bekas pakai gampang-gampang susah. Berbagai kendala dalam membeli produk tangan kedua acap kali terjadi. Misalnya meragukan keaslian suatu produk atau kondisi produk yang kurang bersih.

Itu sebabnya Erich Al Amin, seorang penata gaya pesohor Indonesia; dan Cahyani, salah seorang penjual di Carousell, membeberkan beberapa tips pembelian produk bekas pakai kepada Beritagar.id di Twin House, Cipete, Jakarta Selatan (Kamis 15/6/2017).

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah berani bertanya kepada sang penjual. Baik di bazar (luring) maupun toko daring, Anda selalu bisa berkomunikasi dengan penjual.

Tanyalah kondisi produk yang Anda inginkan dengan detail. Mulai kebersihannya, keaslian produk, hingga persentase kelayakan kondisi produk. Jangan ragu untuk bertanya secara detail karena itu hak Anda sebagai calon pembeli.

Lalu, biasanya di tempat produk bekas juga terdapat aneka barang klasik (vintage). Anda bisa memperoleh keuntungan karena bisa jadi produk tersebut tak lagi dijual di toko reguler.

Bila produk tersebut masuk kategori fashion, pilihlah model yang tak mudah ketinggalan zaman agar mudah dikenakan sehari-hari. Atau bisa pula mencari yang paling unik dan sulit ditemukan di tempat lain (eksklusif).

Selain itu, jangan lupa bahwa produk fashion atau mode itu juga bisa dipadu padankan dengan dengan koleksi pakaian di lemari Anda.

Anda juga bisa berbelanja sesuai bujet dan kebutuhan melalui daring. Di situs seperti Carousell terdapat fitur rentang harga dan koleksi spesial.

Agar cepat mendapatkan produk yang Anda incar, manfaatkan pula fitur kata kunci lain untuk mencarinya. Seleksi juga produk apa saja yang Anda butuhkan.

Jangan sampai Anda gelap mata membeli barang-barang yang sebenarnya tak dibutuhkan hanya lantaran berharap murah.

Anda juga bisa mencari referensi lebih dulu. Misalnya membaca ulasan para narablog mengenai suatu produk yang akan Anda beli, bahkan mengenai situs dan bazar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here